Monday, December 8, 2008

Nanda

Aku mempunyai seorang teman yang bernama Nanda, aku melihat album dan foto yang terpampang adalah foto orang tua Nanda. Difoto tersebut mereka (orangtua Nanda sangat gembira karena mereka mempunyai rumah baru). Pada saat aku berkunjung kerumahnya, tiba-tiba aku mengatakan bahwa ada yang "mengganggu" dirumahnya tersebut terjadi banyak perselisihan/permasalahan. Ternyata setelah aku melihat kesekeliling rumahnya, rumah tersebut tidak diadakan "selamatan/syukuran" setelah pembangunan rumah tersebut. Tapi selamatan/syukuran yang "diminta" itu adalah slamatan versi orang-orang pribumi, bukan pembacaan paritta seperti agama Nanda. Dan ketika aku berkeliling melihat rumahnya setiap aku melihat celah-celah rumah tersebut ada yang "meminta" untuk diberikan sesajen atau makanan untuk "penghuni" rumah itu.

No comments: